PENYUSUNAN
STANDAR OPERASIONAL (SOP)
TETANG KINERJA PROGRAM
GURU BIMBINGAN DAN
KONSELING
TINGKAT SEKOLAH MENENGAH
ATAS
DIRENCANAKAN &
DISUSUN OLEH
ALNODUS JAMSENJOS INDIRWAN ZILIWU
NIM: 1613100097
PROGRAM STUDI TEOLOGI KOSENTRASI KONSELING KRISTEN
FAKULTAS AGAMA KRISTEN
UNIVERSITAS KRISTEN IMMANUEL
YOGYAKARTA
2018
CONTOH
STANDAR OPRERASIONAL (SOP)
GURU
BK DI SEKOLAH SMA ……..
LOGO SMA NEGERI 1 KEMENTRIAN AGAMA DAN PENDIDIKAN INDONESIA |
Nomor SOP
|
02.01.00.18
|
Tanggal Pembuatan
|
27 Oktober 2018
|
|
Tanggal Revisi
|
-
|
|
Tanggal Efektif
|
1 November 2018
|
|
Diserahkan oleh
|
Kepala Kementerian Agama dan Pendidikan.
|
|
SOP BIMBINGAN DAN KONSELING
|
|
|
Kualifikasi
Pelaksana
|
|
|
|
||
|
|
||
|
|
||
|
|
||
|
|
No
|
Aktivitas
|
Pelaksana
|
Mutu Baku
|
Ket.
|
||||
Kepala Sekolah
|
Guru BK
|
Guru Mapel
|
Persyarta/ Perlengkapan
|
Output
|
Waktu
|
|||
A
|
Perencanaan Program Bimbingan siswa
|
|||||||
1
|
Membuat
rencana program layanan bimbingan dan konseling tahunan
|
|
x
|
|
-
|
Tersusunnya
rencana program layanan BK
|
Awal tahun
|
|
2
|
Mengajukan
rencana program layanan Bimbingan dan Konseling kepada kepala Sekolah SMA…..
untuk mendapatkan persetujuan
|
|
x
|
|
-
|
Terlaksananya
pengajuan
|
1 hari
|
|
3
|
Mengesahkan
program layanan bimbingan dan konseling menjadi program kerja tahunan
|
x
|
|
|
-
|
Disahkannya
program
|
1 hari
|
|
4
|
Membuat
jadwal kegiatan layanan bimbingan/konseling tiap semester dalam form yang
tersedia
|
|
x
|
|
-
|
Tersusunnya
jadwa kegiatan
|
1 hari
|
|
5
|
Membuat
silabus pelayanan bimbingan dan konseling, meliputi:
a. Bimbingan pribadi
b. Bimbingan sosial
c. Bimbingan karier
d. Bimbingan belajar
e. Bimbingan Akhlak
|
|
x
|
|
-
|
Tersusunnya
silabus
|
1 hari
|
|
6
|
Membuat
suatu kegiatan layanan bimbingan dan konseling / rencana pelaksanaan layanan
bimbingan dan konseling
|
|
x
|
|
-
|
Tersusunnya
satuan kegiatan
|
1 hari
|
|
7
|
Mengajukan
satuan kegiatan layanan bimbingan dan konseling / rencana pelaksanaan layanan
bimbingan dan konseling kepada Kepala
Sekolah untuk mendapat persetuajuan
|
x
|
x
|
|
-
|
Terlaksananya
pengajuan
|
1 hari
|
|
B
|
Pengidentifikasi keadaan dan masalah
siswa
|
|||||||
1
|
Menyusun
instrument untuk mengumpulkan data/ informasi tentang siswa
|
|
x
|
|
a. Data pribadi
b. Daftar masalah
c. Lembar kerja siswa
d. Prestasi siswa
e. Sisiogram
|
Tersususnnya
instrumen pengumpulan data
|
1 hari
|
|
2
|
Melakukan
koordinasi dengan guru-guru mata pelajaran
|
|
x
|
x
|
Formulir/pendoman
observasi
|
Terlaksananya
koordinasi
|
1 hari
|
|
3
|
Melakukan
koordinasi dengan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan bagian bidang
kurikulum untuk memperoleh data sebagai berikut:
a. Data ketidakhadiran siswa
b. Data kejadian/pelanggaran tata tertip sekolah
c. Data hasil psikotest
d. Data Nilai Ujian Nasional/UASBS tingkat SMP/SLTP
e. Data nilai tiap semester
|
|
x
|
x
|
-
|
Terlaksananya
koordinasi
|
1 hari
|
|
C
|
Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan
Konseling
|
|||||||
1
|
Memanggil
siswa yang mendapat prioritas untuk diberikan layanan konseling (berdasarkan
data hasil identitas keadaan dan/atau masalah siswa) dengan menggunakan
format panggilan siswa atau sejenisnya
|
|
x
|
|
Formulir
data panggilan
|
Terlaksanannya
panggilan
|
1 hari
|
|
2
|
Mencatat
hasil pelayanan konseling pada kartu status konseling
|
|
x
|
|
-
|
Tersediaanya
catatan hasil
|
1 hari
|
|
3
|
(khusus
untuk pelayanan bimbingan karier seperti jurusan SMA) maka:
· Memberikan angket tentang program jurusan yang akan
dipilih siswa sesuai minat dan kemampuannya.
· Merekap data minat dan kemampuan siswa dalam form yang
disediakan sebagai salah satu pertimbangan dalam criteria penjurusan.
· Menyerahkan rekap data minat dan kemampuan siswa kepada
guru bidan studi yang berhubungan dengan penjurusan, wali kelas dan Wakasek
Kurikulum.
|
|
x
|
|
-
|
Terlaksanannya
pemberian angket
Tersediannya
rekap data minat dan kemampuan siswa
Terlaksanannya
penyerahan rekap data minat dan kemampuan siswa
|
1 hari
|
|
4
|
Berkoordinasi
dengan bagian TU, Kesiswaan dan Humas untuk mengundang orangtua siswa
terkait, jika hasil konseling melibatkan orangtua siswa
|
x
|
|
|
Undangan
|
Terlaksananya
koordinasi
|
1 hari
|
|
5
|
Menjelaskan
hasil konseling kepada orangtua agar dapat bekerjasama melakukan pembinaan
atas keluhan siswa
|
|
x
|
|
-
|
Terlaksananya
penjelasanan hasil konseling
|
1 hari
|
|
6
|
Memantau
siswa dengan status out standing
student (bermaslah), ini khusus siswa yang mempunyai kasus
|
|
x
|
x
|
-
|
Terlaksananya
pemantauan
|
Setiap hari
|
|
7
|
(Jika diperlukan, karena ketidakmampuan
orangtua datang kesekolah dengan alasan ekonomi dan kesehatan atau beberapa
kali dipanggil tidak datang) maka,: mencari informasi dengan berkunjung
ke rumah orangtua siswa (Home Visit) dan mengisi formulir data
|
|
|
x
|
-
|
Tersediaanya
bahan informasi sebagai bahan home
visit
|
3 hari
|
|
8
|
Mengadakan
konferensi kasus bersama orangtua siswa, dan jika diperlukan melibatkan
Wakasek Bid. Kesiswaan serta Kepala Sekolah, apabila masalah tidak
terselesaikan perlu pendapat/ perhatian guru yang terkait
|
|
x
|
|
-
|
Terlaksananya
konferensi kasus
|
1 hari
|
|
9
|
Melakukan
ahli tangan (referral) kepada pihak lain seperti: Dokter, Psikolog,
Kepolisian dan lain-lain. Sekiranya masalah siswa memerlukan penanganan
khusus
|
|
x
|
|
Formulir
referral
|
Sesuai
kebutuhan
|
Sesuai kebu-tuhan
|
|
10
|
Menuangkan
layanan BK yang telah dilakukan kedalam formulir rekap pelaksanaan layanan BK
|
|
x
|
|
-
|
Tersediaanya
data rekap layanan BK
|
1 hari
|
|
D
|
Evaluasi
|
|||||||
1
|
Menilai
dampak positif yang diperoleh siswa untuk mengetahui efektifitas dari layanan
BK
|
|
x
|
|
Formulir
evaluasi
|
Terlaksananya
penilaian
|
-
|
|
2
|
Memastikan
diperolehnya pemahaman baru, berkembangnya perasaan positif dan rencana
kegiatan yang akan dilaksanankan pasca layanan demi terealisasinya masalah
|
|
x
|
|
-
|
Terwujudnya
kepastian akan pemahaman dan perkembangan siswa
|
-
|
|
E
|
Analisis Hasil Evaluasi Pelaksanaan
Bimbingan dan Konseling
|
|||||||
|
Jika
hasil layanan tidak sesuai dengan yang diharapkan maka perlu analisa atau
mencari penyebab ketidakberhasilan layanan atau kegiatan bimbinga dan
konseling
|
|
x
|
|
-
|
Terdatanya
hasil analisa
|
-
|
|
F
|
TindakLanjut
|
|||||||
|
Melakukan
perbaikan program dan proses untuk masa mendatang. Program yang tidak perlu
diganti dengan program yang dibutuhkan sesuai dengan perkembangan siswa dan
tetap mempetimbangakan waktu, suasana dan lingkungan.
|
|
x
|
|
-
|
Terlaksananya
perbaikan program Bimbingan dan konseling
|
-
|
|
FLOWCHART
SOP BIMBINGAN DAN KONSELING PEMBELAJARAN
A.
PERENCANAAN PROGRAM BIMBINGAN SISWA
B. PENGIDENTIFIKASIAN KEADAAN MASALAH
SISWA
C. PELAKSANAAN LAYANAN DAN BIMBINGAN
KONSELING
D, E, F. EVALUASI, ANALISIS DAN TINDAK LANJUT
SEMOGA BERMANFAAT BAGIN KITA SEMUA,
BalasHapusAMIN.......
Makasih banyak telah membantu untuk pembuatan SOP BK
BalasHapusterima kasih, semoga bermanfaat bagi kita semua
BalasHapusMakasih, sangat menolong dalam pembuatan SOP BK
BalasHapusᐈ Casino Bonuses for UK Players ᐈ Best No Deposit
BalasHapusᐈ Casino Bonuses 해외야구 for UK Players ➤ titanium bmx frame Updated Dec 09, titanium welding 2021 ✓ Casino Bonus Codes, Free Spins, and Cashback micro hair trimmer Offers ➤ Casino titanium quartz Bonuses Guide 2021.