Selasa, 27 November 2018

CONTOH PENYUSUNAN STANDAR OPERASIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TINGKAT SMA




PENYUSUNAN STANDAR OPERASIONAL (SOP)
TETANG KINERJA PROGRAM
GURU BIMBINGAN DAN KONSELING
TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS











DIRENCANAKAN &
DISUSUN OLEH
ALNODUS JAMSENJOS INDIRWAN ZILIWU
NIM: 1613100097





PROGRAM STUDI TEOLOGI KOSENTRASI KONSELING KRISTEN
FAKULTAS AGAMA KRISTEN
UNIVERSITAS KRISTEN IMMANUEL
YOGYAKARTA
2018







CONTOH STANDAR OPRERASIONAL (SOP)
GURU BK DI SEKOLAH SMA ……..



LOGO              SMA NEGERI 1           
                 KEMENTRIAN AGAMA
                               DAN       
              PENDIDIKAN INDONESIA
Nomor SOP
02.01.00.18
Tanggal Pembuatan
27 Oktober 2018
Tanggal Revisi
-
Tanggal Efektif
1 November 2018
Diserahkan oleh
Kepala  Kementerian Agama dan Pendidikan.
SOP BIMBINGAN DAN KONSELING


Dasar Hukum :

Kualifikasi Pelaksana
1.    SKB Mendikbud dan Kepala BAKN No.25 tahun 1993 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional dan angka kreditnya.
2.    Pedoman Penyusunan SOP di lingkungan Kementerian Agama dan Pendidikan.

1.    Perencanaan Program Bimbingan Siswa
2.    Pengidentifikasian keadaan dan masalah siswa
3.    Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling
4.    Evaluasi
5.    Analisis hasil evaluasi pelaksanaan Bimbingan dan Konseling
6. Tindak lanjut
Keterkaitan
Peralatan/Perlengkapan
1. Juknis MOS (masa orientasi siswa)
2. Modul Mediasi teman sebaya
3. Instrumen tes IQ dan kepribadian (jika ada)
4. Buku panduan siswa
1. Mading
2. OHP/LCD/Laptop
3. Form layanan siswa
4. dll.


Peringatan
Pencatatan dan Pendataan
1.    Jumlah guru BK harus sesui dengan rasio siswa 1:150 siswa.
2.    Layanan BK diselenggarakan secara insidental, atas kemauan siswa yang bermasalah (pribadi, belajar, sosial, keluarga, ekonomi, kesehatan, dan masalah lainnya) atau berdasar kebutuhan (rekomendasi guru piket/mata pelajaran/wali kelas)



No
Aktivitas
Pelaksana
Mutu Baku
Ket.
Kepala Sekolah
Guru BK
Guru Mapel
Persyarta/ Perlengkapan
Output
Waktu
A
Perencanaan Program Bimbingan siswa
1
Membuat rencana program layanan bimbingan dan konseling tahunan

x

-
Tersusunnya rencana program layanan BK
Awal tahun

2
Mengajukan rencana program layanan Bimbingan dan Konseling kepada kepala Sekolah SMA….. untuk mendapatkan persetujuan

x

-
Terlaksananya pengajuan
1 hari

3
Mengesahkan program layanan bimbingan dan konseling menjadi program kerja tahunan
x


-
Disahkannya program
1 hari

4
Membuat jadwal kegiatan layanan bimbingan/konseling tiap semester dalam form yang tersedia

x

-
Tersusunnya jadwa kegiatan
1 hari

5
Membuat silabus pelayanan bimbingan dan konseling, meliputi:
a.  Bimbingan pribadi
b.  Bimbingan sosial
c.  Bimbingan karier
d.  Bimbingan belajar
e.  Bimbingan Akhlak

x

-
Tersusunnya silabus
1 hari

6
Membuat suatu kegiatan layanan bimbingan dan konseling / rencana pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling

x

-
Tersusunnya satuan kegiatan
1 hari

7
Mengajukan satuan kegiatan layanan bimbingan dan konseling / rencana pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling kepada  Kepala Sekolah untuk mendapat persetuajuan
x
x

-
Terlaksananya pengajuan
1 hari

B
Pengidentifikasi keadaan dan masalah siswa
1
Menyusun instrument untuk mengumpulkan data/ informasi tentang siswa

x

a.    Data pribadi
b.    Daftar masalah
c.    Lembar kerja siswa
d.    Prestasi siswa
e.    Sisiogram
Tersususnnya instrumen pengumpulan data
1 hari

2
Melakukan koordinasi dengan guru-guru mata pelajaran

x
x
Formulir/pendoman observasi
Terlaksananya koordinasi
1 hari

3
Melakukan koordinasi dengan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan bagian bidang kurikulum untuk memperoleh data sebagai berikut:
a.  Data ketidakhadiran siswa
b.  Data kejadian/pelanggaran tata tertip sekolah
c.  Data hasil psikotest
d.  Data Nilai Ujian Nasional/UASBS tingkat SMP/SLTP
e.  Data nilai tiap semester

x
x
-
Terlaksananya koordinasi
1 hari

C
Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling
1
Memanggil siswa yang mendapat prioritas untuk diberikan layanan konseling (berdasarkan data hasil identitas keadaan dan/atau masalah siswa) dengan menggunakan format panggilan siswa atau sejenisnya

x

Formulir data panggilan
Terlaksanannya panggilan
1 hari

2
Mencatat hasil pelayanan konseling pada kartu status konseling

x

-
Tersediaanya catatan hasil
1 hari

3
(khusus untuk pelayanan bimbingan karier seperti jurusan SMA) maka:
·  Memberikan angket tentang program jurusan yang akan dipilih siswa sesuai minat dan kemampuannya.
·  Merekap data minat dan kemampuan siswa dalam form yang disediakan sebagai salah satu pertimbangan dalam criteria penjurusan.
·  Menyerahkan rekap data minat dan kemampuan siswa kepada guru bidan studi yang berhubungan dengan penjurusan, wali kelas dan Wakasek Kurikulum.


x

-


Terlaksanannya pemberian angket

Tersediannya rekap data minat dan kemampuan siswa

Terlaksanannya penyerahan rekap data minat dan kemampuan siswa
1 hari

4
Berkoordinasi dengan bagian TU, Kesiswaan dan Humas untuk mengundang orangtua siswa terkait, jika hasil konseling melibatkan orangtua siswa
x


Undangan
Terlaksananya koordinasi
1 hari

5
Menjelaskan hasil konseling kepada orangtua agar dapat bekerjasama melakukan pembinaan atas keluhan siswa

x

-
Terlaksananya penjelasanan hasil konseling
1 hari

6
Memantau siswa dengan status out standing student (bermaslah), ini khusus siswa yang mempunyai kasus

x
x
-
Terlaksananya pemantauan
Setiap hari

7
(Jika diperlukan, karena ketidakmampuan orangtua datang kesekolah dengan alasan ekonomi dan kesehatan atau beberapa kali dipanggil tidak datang) maka,: mencari informasi dengan berkunjung ke rumah orangtua siswa (Home Visit) dan mengisi formulir data


x
-
Tersediaanya bahan informasi sebagai bahan home visit
3 hari

8
Mengadakan konferensi kasus bersama orangtua siswa, dan jika diperlukan melibatkan Wakasek Bid. Kesiswaan serta Kepala Sekolah, apabila masalah tidak terselesaikan perlu pendapat/ perhatian guru yang terkait

x

-
Terlaksananya konferensi kasus
1 hari

9
Melakukan ahli tangan (referral) kepada pihak lain seperti: Dokter, Psikolog, Kepolisian dan lain-lain. Sekiranya masalah siswa memerlukan penanganan khusus

x

Formulir referral
Sesuai kebutuhan
Sesuai kebu-tuhan

10
Menuangkan layanan BK yang telah dilakukan kedalam formulir rekap pelaksanaan layanan BK

x

-
Tersediaanya data rekap layanan BK
1 hari

D
Evaluasi
1
Menilai dampak positif yang diperoleh siswa untuk mengetahui efektifitas dari layanan BK

x

Formulir evaluasi
Terlaksananya penilaian
-

2
Memastikan diperolehnya pemahaman baru, berkembangnya perasaan positif dan rencana kegiatan yang akan dilaksanankan pasca layanan demi terealisasinya masalah

x

-
Terwujudnya kepastian akan pemahaman dan perkembangan siswa
-

E
Analisis Hasil Evaluasi Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling

Jika hasil layanan tidak sesuai dengan yang diharapkan maka perlu analisa atau mencari penyebab ketidakberhasilan layanan atau kegiatan bimbinga dan konseling

x

-
Terdatanya hasil analisa
-

F
TindakLanjut

Melakukan perbaikan program dan proses untuk masa mendatang. Program yang tidak perlu diganti dengan program yang dibutuhkan sesuai dengan perkembangan siswa dan tetap mempetimbangakan waktu, suasana dan lingkungan.

x

-
Terlaksananya perbaikan program Bimbingan dan konseling
-




FLOWCHART
SOP BIMBINGAN DAN KONSELING PEMBELAJARAN

A.                  PERENCANAAN PROGRAM BIMBINGAN SISWA









B.      PENGIDENTIFIKASIAN KEADAAN MASALAH SISWA

 




C.      PELAKSANAAN LAYANAN DAN BIMBINGAN KONSELING

 







D, E, F. EVALUASI, ANALISIS DAN TINDAK LANJUT
 

 
 
 


5 komentar:

  1. SEMOGA BERMANFAAT BAGIN KITA SEMUA,
    AMIN.......

    BalasHapus
  2. Makasih banyak telah membantu untuk pembuatan SOP BK

    BalasHapus
  3. terima kasih, semoga bermanfaat bagi kita semua

    BalasHapus
  4. Makasih, sangat menolong dalam pembuatan SOP BK

    BalasHapus
  5. ᐈ Casino Bonuses for UK Players ᐈ Best No Deposit
    ᐈ Casino Bonuses 해외야구 for UK Players ➤ titanium bmx frame Updated Dec 09, titanium welding 2021 ✓ Casino Bonus Codes, Free Spins, and Cashback micro hair trimmer Offers ➤ Casino titanium quartz Bonuses Guide 2021.

    BalasHapus